Hubungan MSDM Dengan Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi

Hubungan MSDM Dengan Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi

  • Misi organisasi merupakan pernyataan manajemen puncak tentang gambaran seluruh organisasi.
  • Tujuan adalah pernyataan yang berhubungan dengan standar produksi, pasar, keuangan yang ingin dicapai organisasi.
  • Strategi organisasi merupakan instrumen untuk mencapai tujuan tadi, meliputi bauran produk, target pelanggan, metode produksi, pengeluaran modal dan keputusan lain.
  • Setelah strategi dipilih, organisasi memilih SDM yang diperlukan untuk semua kebutuhan dari pertanyaan diatas.
  • Anggota organisasi (karyawan) yang dipilih harus menguasai keahlian tertentu untuk melaksanakan tugas secara efetif.
  • Supaya strategi yang diterapkan berhasil, tugas-tugas harus dirancang dan dikelompokkan ke dalam pekerjaan-pekerjaan.
  • Fungsi MSDM adalah memastikan organisasi dilengkapi dengan karyawan yang memiliki kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas sesuai strategi yang diterapkan.

Manajemen SDM dan Strategi Bersaing

  • Strategi Inovasi. Digunakan untuk membuat produk atau jasa yang berbeda dari pesaing.
  • Strategi Peningkatan Mutu. Banyak digunakan perusahaan manufaktur atau dengan proses tetap secara terus menerus.
  • Strategi Pengurangan Biaya. Perusahaan berusaha meraih keunggulan kompetitif dengan menjadi produsen berbiaya paling murah.

Maksud dan Tujuan MSDM

  • Maksud MSDM adalah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang terhadap organisasi dengan cara bertanggung jawab secara strategis, etis dan sosial.
Tujuan MSDM adalah:
  • Tujuan kemasyarakatan/sosial. Organisasi bisnis diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat dan membantu memecahkan masalah sosial.
  • Tujuan organisasional, merupakan sasaran formal organisasi yang dibuat organisasi mencapai tujuannya, seperti: mengingkatkan produktivitas, mendayagunakan tenaga kerja, mengembangkan dan meningkatkan kualitas kehidupan kerja, dll
  • Tujuan fungsional. Merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen SDM pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Beberapa cara yang dapat ditempuh melalui program rekrutmen, pelatihan, pengembangan yang inovatif dan program kompensasi menarik.
  • Tujuan pribadi. Adalah tujuan pribadi setiap anggota organisasi yang hendak dicapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.

Aktivitas MSDM

  • Aktivitas MSDM adalah memenuhi tujuan sumber daya manusia.
  • Departemen SDM membantu manajer melakukan perencanaan SDM, merekrut, melatih, mengembangkan, mengevaluasi, pemberian kompensasi, hubungan karyawan, memelihara dan mempertahankan jumlah karyawan dan tipe karyawan yang tepat.
sumber : materi dosen MSDM II fakultas ekonomi Universitas PGRI Adibuana Surabaya 2011